7 Perangkat Lunak Populer Untuk Aplikasi Laser Cutting

Penggunaan laser dalam industri manufaktur sudah lama dikenal. Dimana laser berdaya tinggi digunakan untuk memotong bahan/material sesuai dengan pattern/pola yang diinginkan, biasanya teknologi ini dikenal dengan nama laser cutting. Cara kerja laser cutting adalah dengan mengarahkan output dari laser daya tinggi yang dikontrol oleh komputer, pada material yang akan dipotong. Material akan mencair, terbakar, menguap, atau terhembus oleh jet gas dan menghasilkan tepi dengan finishing permukaan yang berkualitas tinggi. Laser cutting bisa diterapkan pada berbagai macam material, diantaranya: metal, akrilik, kayu, kulit dan juga kertas.

Teknologi laser cutting, tidak dapat berdiri sendiri melainkan membutuhkan perangkat lunak untuk pembuatan pola yang akan dibentuknya. Biasanya software yang digunakan akan membentuk suatu pola yang menghasilkan file dengan format format SVG (Scalable Vector Graphics) adalah yang cocok untuk pemotongan laser. Berikut adalah daftar perangkat lunak yang cocok digunakan untuk aplikasi laser cutting.

Adobe Illustrator
Adobe Illustrator adalah salah satu software paling serbaguna yang dapat memungkinkan Anda bekerja dengan grafis vektor. Memungkinkan pengguna untuk dengan mudah membuat file SVG yang cocok untuk pemotongan laser. Pada software ini dapat ditemukan tools yang memudahkan pengguna untuk mendesain model yang diinginka. Dibutuhkan waktu untuk belajar menggunakan software ini, namun kualitas yang dihasilkan dari ketekunan belajar Anda akan terbayar tuntas dengan hasil yang didapat.

http://tritunggalmetal.com yang menawarkan fungsionalitas yang sama. Pembuatan desain atau update desain yang sudah ada dapat dilakukan dengan software ini. Pengguna akan membutuhkan waktu untuk belajar menggunakan perangkat lunak sepenuhnya.

SketchUp
SketchUp adalah salah satu perangkat lunak yang paling mudah untuk didapatkan dan digunakan, karena banyak alatnya yang intuitif, dan magnetnya membantu pengguna melakukan desain yang rapi dengan mudah. Selanjutnya, berkat beberapa plugin, pengguna bisa mendapatkan akses ke lebih banyak fungsi, menjadikan SketchUp salah satu perangkat lunak yang paling menarik, terutama ketika pengguna memiliki ide yang tepat tentang apa yang ingin dilakukan, dan plugin yang diperlukan untuk melakukannya

SolidWorks
Nama besar lain dari perangkat lunak pemodelan 3D adalah SolidWorks yang didasarkan pada penggunaan sketsa untuk membuat model. Perubahan model 3D ke desain 2D dengan mudah dapat dilakukan memungkinkan hasil yang rapi dan kohesif dengan software ini. SolidWork menyediakan banyak tools, baik untuk model arsitektur atau desain produk. Namun software ini tidak dapat mengekspor file SVG untuk hasil desain. Pengguna harus terlebih dahulu untuk �Membuat Gambar� dari objek, mengekspor gambar dengan format seperti IA, dan buka file dalam Adobe Illustrator atau Inkscape (yang disebutkan di atas), untuk mengubahnya menjadi SVG.

AutoCAD
AutoCAD menyediakan banyak tools untuk desain arsitektur dan bagian mekanis lainnya, Pengguna dapat melakukan pembuatan desain yang baik dengan software ini dan mengekspor file-nya ke format DXF, sebelum melalui Illustrator / Inkscape untuk dijadikan file SVG.

OnShape
Perangkat lunak ini adalah alternatif yang layak jika Anda tidak memiliki lisensi SolidWorks atau AutoCAD apa pun yang tersedia. OnShape menyediakan banyak tools seperti keduanya, dan membutuhkan waktu untuk membiasakan diri. Pengguna juga memerlukan koneksi Internet untuk mengerjakannya dan mengunduh desain yang akan dibuat. Hal lain yang menarik adalah bahwa OnShape tersedia untuk tablet dan juga smartphone, sehingga pengguna dapat mengerjakan model di mana pun berada. Sekali lagi, pengguna tidak dapat mengekspor file SVG apa pun dari desain OnShape, jadi pengguna harus melalui Illustrator/Inkscape untuk mendapatkan file yang tepat untuk pemotongan laser.


SolveSpace
SolveSpace adalah software open source dan gratis untuk pemodelan yang coock untuk laser cutting. Namun ketika pertama kali melihatnya, perangkat lunakini tidak terlihat begitu menarik, karena antarmuka penggunanya cukup minimalis. Namun, ketika pengguna meluangkan waktu untuk menjadi akrab dengan perangkat lunak ini, akan disadari betapa banyak fungsi yang ditawarkan. Dengan software ini, pengguna juga dapat mengekspor desain langsung ke format SVG.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>